Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs web terkait dengan World Wide Website arsitektur akan datang dalam lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0.
Website arsitektur memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten website.”Web desain”, dengan cara kontras menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian grafis dan teknis, dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Perbedaan tersebut dibandingkan dengan antara tugas mengedit sebuah koran atau desain grafis dan percetakkan. setiap halaman website memiliki lebih dari 2 level kedalaman atau 2 kali klik dari halaman web (Home).
Struktur 3 Lapisan ini menghasilkan sebuah website yang mudah ditelusuri bagi pengunjung. Terdapat pula halaman-halaman yang tersedia pada sebuah website.
1. Halaman Depan (Home Page)
Halaman depan merupakan bagian utama yang dilihat oleh para pengunjung Web dan juga merupakan bagian paling penting dalam mendapatkan urutan pencarian tinggi dari mesin pencari, karena mesin pencari memberikan lebih banyak bobot pada halaman depan daripada halaman lainnya. Halaman depan harus memberikan informasi yang jelas dan singkat.
2. Halaman Produk dan Jasa
Bagian utama dari website berisi penawaran produk atau jasa. Bagian ini menggambarkan secara tepat dan singkat sesuatu yang ditawarkan. Jumlah halaman produk dan jasa disesuaikan dengan jumlah produk/jasa yang ditawarkan. Apabila produk/jasa berjumlah banyak, maka halaman utama produk/jasa berisi ringkasan dan keseluruhannya.
3. Halaman Informasi
– Profil : Berisi tentang informasi sebuah perusahaan mengenai visi misi, tujuan, serta sejarah perusahaan dan hal penting lainnya dalam perusahaan.
– FAQ (Frequently Asked Question) : Berisi pertanyaan-pertanyaan umum mengenai produk dan jasa.
– Testimoni : Berupa bukti-bukti pelayanan terhadap pelanggan.
– Surat kabar elektronik : Berisi berita-berita mengenai produk dan jasa , tips-tips, promo, dan pengumuman lainnya.
4. Halaman Keanggotaan
Halaman Keanggotaan adalah halaman yang paling penting sekali untuk pengembangan website dimasa mendatang. Dengan mengetahui siapa pengunjung dan perkembangan jumlah pengunjung Aktif.
5. Halaman Kontak
Berisi mengenai informasi pengurus website, bisa melalui email, telepon, fax, chatting ataupun cara dengan mengisi formulir pertanyaan atau komentar secara online. Hal ini memberikan rasa nyaman para pengunjung.
Referensi
http://neswery.com/33tJ