A. Konsep-konsep Bahasa:
- Isi dan luas konsep: Isi konsep merujuk pada makna yang terkandung dalam suatu kata atau simbol linguistik, sementara luas konsep merujuk pada rentang atau ruang lingkup yang dapat dikategorikan oleh konsep tersebut.
- Hirarki konsep: Konsep-konsep dalam bahasa dapat diorganisasikan dalam struktur hirarkis di mana konsep yang lebih umum atau abstrak berada di atas konsep yang lebih khusus atau konkret.
- Cara memperoleh konsep: Konsep-konsep dalam bahasa dapat diperoleh melalui proses pembelajaran dan pengalaman, seperti melalui pengamatan, imitasi, dan interaksi sosial.
B. Bentuk-bentuk Komunikasi:
- Proposisi: Proposisi merupakan unit dasar dalam komunikasi yang menyampaikan informasi atau gagasan yang dapat dianggap benar atau salah.
- Memecahkan kalimat dalam proposisi: Memecahkan kalimat dalam proposisi melibatkan mengidentifikasi dan memahami proposisi yang terkandung dalam kalimat, yaitu menyimpulkan informasi yang diungkapkan dalam kalimat tersebut.
C. Perkembangan Bahasa:
- Dari suara ke kata: Perkembangan bahasa dimulai dengan kemampuan untuk memproduksi dan memahami suara-suara bahasa. Selanjutnya, anak-anak mulai mengasosiasikan suara-suaranya dengan kata-kata yang memiliki makna tertentu.
- Dari kata ke kalimat: Setelah menguasai beberapa kata, anak-anak mulai menggabungkan kata-kata tersebut dalam urutan yang tepat untuk membentuk kalimat yang memiliki struktur dan makna yang lebih kompleks.
- Proses belajar: Perkembangan bahasa melibatkan proses belajar yang meliputi pengamatan lingkungan, interaksi dengan penutur bahasa lain, dan penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif.
Perlu diingat bahwa bahasa dan komunikasi adalah bidang yang luas dan kompleks. Penjelasan di atas merupakan gambaran umum mengenai konsep-konsep, bentuk komunikasi, dan perkembangan bahasa. Terdapat banyak teori dan aspek yang lebih rinci yang dapat dipelajari dalam studi bahasa dan komunikasi.