Search for Knowledge
“A mistake is a signal that it is time to learn something new, something you didn’t know before.”

Elemen-Elemen Dasar Komputer

Elemen Dasar Sistem Komputer

* Hardware (1)
– Peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan system computer.
– Hardware digunakan sebagai media untuk menjalanka software dan peralatan ini berfungsi untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan dan menegluarkannya dalam bentuk informasi yang digunakan oleh manusia untuk laporan

* Hardware (2)

– Input Device
Alat yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam computer. contoh keyboard, mouse, lightpen, dan joystick.

– Proses Device
Alat yang digunakan untuk melaksanakan kumpulan instruksiyang akan ditujukan untuk menghasilkan suatu  hasil tertentu yang dikehendaki. Alat ini disebut CPU.

– Output Device
Alat yang digunakan untuk menampilkan laporan atau informal hasil pengolahan dari input baik ditampilkan pada layar monitor atau dicetak pada media lain. Contoh : monitor, printer.

* Software

– Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dikehendaki. Perangkat Lunak ini dijalankanpada proses device jika mendapatkan respon masukan dari inpuut device dan hasil proses yang dilakukan oleh perangkan lunak dikeluarkan dengan output device.

* Brainware

– Orang yang menggunakan computer
– Orang tersebut harus mempunyai kemampuan minimal dapat memasukkan data dan mengeluarkan informasi
– Brainware menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses yang dilakukan pada proses device, karena komputer computer hanya akan bekerja jika mendapatkan instruksi.

* Komponen Input

– Komponen Input adalah alat yang digunakan untuk menerima input
– Input adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem
– Input dapat berupa signal input atau maintenance input
– Signal input adalah energy yang akan diolah oleh system

* Komponen Proses

– Alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat inpt dan hasilnya akan ditampilkan di alat output.

– Komponen proses
  – CPU
  – Main Memory

* CPU
– Tempat proses instruksi-instruksi program
– CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (aritmatic logic unit) serta register

* Control Unit

– Mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada system komputer.
– Control Unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output.
– Control Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah.

* Tugas Control Unit
– Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
– Mengambil instruksi-instruksi dari main memory.
– Mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses.
– Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan atau perbandingan logika serta mengawasi kera ALU.
– Menyimpan hasil proses ke main memory

* ALU (Aritmatic Logic Unit)

– Melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Selain itu, tugas lain dari alu adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.
Operasi Logika meliputi :

 – Sama dengan (=)
 – Tidak sama dengan (<>)
 – Kurang dari (<)
 – Kurang atau sama dengan dar ( <=)
 – Lebih besar (>)
 – Lebih besar atau sama dengan dari (>=)

* Register

– Alat penyimpanan yang memiliki kecepatan tinggi, lebih cepat sekitar 5 sampai 10 kali dibandingkan dengan kecepatan perekam atau pengambilan data di main memory.
– Register digunakan untuk menyimpan instruks dari data yang sedang diproses oleh CPU.

* Main Memory
– Alat penyimpanan keseluruhan proses dari program. Ukuran dari main memory ditunjukkan oleh satuan kilobyte (kb) yaitu 1024 byte (Mb) yaitu 1024 kb ataupun gygabyte (gb). Umumnya 1 byte terdiri dari 8 bit. Tiap-tiap bit diwakili oleh digit 1 dan 0.

* Tugas Main Memory
– Menyimpan data yang berasal dari piranti inputan sampai data dikirim ke ALU untuk diproses.
– Menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti keluaran.
– Menampung program/instruksi yang berasal dari piranti inputan atau dari piranti penyimpanan sekunder.

* ROM dan RAM

Memory dibedakan menjadi dua macam, yaitu ROM dan RAM.
– ROM (Read Only Memory), memory in hanya dapat dibaca saja, programmer tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam rom. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya.

– RAM (Random Access Memory), memory yang dapat diakses yaitu dengan mengisi dan mengambil isi data oleh programmer.

* Komponen penyimpanan
– Media penyimpanan data dapat digunakan suatu waktu.  Storage pada umumnya berupa disk atau tape.

– Floopy Disk atau disket adalah media penyimpanan yang menggunakan lempengan plastic yang dilapisi dengan partikel oksida besi. Disk ini merupakan penyimpanan data yang sangat fleksibel.

– Harddisk adalah media penyimpanan yang menggunakan lempengan-lempengan logam yang berbentuk piringan. Harddisk umumnya bersifat tetap beada di dalam CPU komputer. Harddisk terbagi menjadi 2 type :
– Harddisk XT
– Harddisk AT

– Tape merupakan pita, yang dilapisi magnetic untuk tempat menyimpan data.

– CD atau Compact Disk adalah lempengan logam yang digunakan untuk menyimpan data.

– DVD atau digital video disk merupakan media penyimpanan yang dapat menyimpan data lebih besar dari CD

– Flashdisk

* Komponen Output

– Alat yang digunakan untuk menampilkan hasil dari proses inputan. Output yang dihasilkan digolongkan kedalam 4 golongan :
 -Tulisan
 -Image
 -Suara

* Alat Output

– Hard Copy Device, berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan, serta image, (permanen dan portable).
– Soft Copy Device, berupa alat khusus yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media soft yang berupa sinyal elektronik.
– Drive Device, berupa alat yang digunakan untuk merekam symbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin.

Sumber
– Hartono, Jogiyanto. Pengenalan Komputer. ANDI. Yogyakarta. 1999.
– Simarmata, Janner. Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi.ANDI.Yogyakarta.2006
– Setiawan, Agung. Pengantar Sistem Komputer. Informatika.Bandung.2007