Search for Knowledge
“A mistake is a signal that it is time to learn something new, something you didn’t know before.”

Human Computer Interface

Sejarah GUI
– Gui pertama kali dikembangkan oleh para peneliti di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) di tahun 70-an
– Penelitian ini membuka era baru dalam inovasi komputer grafis
– Komputer pribadi ( personal computer) pertama yang menggunakan antarmuka grafis modern adalah Xeros Alto, yang dikembangkan pada tahun 1973.

Human Computer Interface (HCI)

– Interaksi antara end-user (pengguna komputer) dengan komputer.
– Komputer perlu dibuat agar bisa digunakan semudah mungkin

Latar Belakang :
– Semakin banyak yang mengoperasikan komputer
– Meminimalisasi resiko membuat kesalahan ketika mengoperasikan komputer

– Tujuan utama HCI : untuk memungkinkan komunikasi bolak-balik antara pemakai dan komputer

HCI harus bersifat “User Friendly”
– Membantu end- user
– Mudah dipelajari
– Mudah digunakan

Jenis Interface :
Klasifikasi Umum :
– Command Driven Interface
– Menu Driven Interface
– Direct Maniplation Interface
– User Interface Management System (UIMS)
– Special Purpose Interface

Command Driven Interface Dikendalikan oleh perintah

Menu Driven Interface
Interface yang dikendalikan menu
– Ada beberapa alternatif menu :

Option menu :

Pulldown Menu :

Direct Manipulation Interface
Interface yang bisa dimanipulasi secara langsung :

User Interface management system
– Tujuannya adalah penciptaan suatu cara agar bisa diadakan atau diperoleh interface yang konsisten yang mempunyai “look” (rupa) dan “Feel) (rasa) yang sama untuk sejumlah aplikasi yang berbeda di dalam sistem yang sama.

Contoh User Interface Management System(UIMS) :
– Apple Macintosh
– OSF/MOTIF dari Open System Foundation
– Open Look dar Sun untuk AT&T
– Windows dari microsoft

Bagaimana UIMS Mencapai Tujuan ?

– Memberikan se-set fasilitas standar untuk penanganan dialog pemakai

– Misal : widgets, memberikan komponen standar dasar interface yang bisa digunakan oleh programmer sebagai se-set alat

– Memberikan beberapa software standar yang mengelola cara yang digunakan oleh setiap program aplikasi untuk menggunakan interface itu.

– Se-set aturan mengatur cara tertampilnya atau cara bertindaknya berbagai fasilitas, Contoh : Aturan tentang pengoperasian mouse :
– Klik tunggal untuk memilih item
– Klik ganda untuk mengaktifkan item
– Menarik mouse dengan masih menekan tombolnya untuk memilih semua item yang dilewati oleh kursor.

Sebagian besar UIMS kegunaan umum didasarkan pada :
– Sistem windowing
– Memanfaatkan WIMP(Window, Icon, Menu, Pointer)

2 Jenis Utama :
– General purpose computer bisa digunakan, namun beberapa bagian HCI disediakan (diberikan) oleh hardware dan software khusus seperti Mesin cash-dispensing, dan Alat Pencatat Kehadiran.
– Komputer dipasangi beberapa peralatan kegunaan khusus didalamnya dan dikontrol oleh interface yang spesifik untuk kegunaan atau tujuan itu.

Graphical User Interface (GUI)

GUI adalah HCI yang didasarkan pada tampilan grafis
Paling umum dijumpai pada PC yang dipasangi adaptor grafik yang mampu mendukung grafik beresolusi tinggi.
Software yang mengontrol suatu window yang didasarkan pada HCI, seperti yang diberikan (disediakan) oleh interface WIMP, disebut Windows Manager atau Windows Management System
Keberhasilan komputer GUI, semakin meningkat minat penggunaan komputer yang digunakan bersama media lain seperti video dan digital sound.

Contoh GUI :
– Apple Machintosh
– Microsoft Widows pada IBM PC
– Open Look pada workstation Unix
– KDE, GNOME pada Linux

Pengorganisasian Software GUI

Windows Libraries
– Terdiri dari set-set operasi standar yang dapat digunakan oleh software tingkat yang lebih tinggi untuk berinteraksi dengan GUI (Instrinsik Function)
– Terdapat objek-objek grafis yang disebut widgets

Application Program Interface (API) Toolkit

Windows Libraries tidak digunakan secara langsung, namun disediakan toolkit yang memungkinkan pengkonstruksian GUI dari se-set widget standar
Toolkit ini menyediakan Application Program Interface, yaitu fungsi-fungsi untuk mengkonstruksi widget atau memanipulasi komponen GUI yang lain.
Programnya dikatakan Call Toolkit Function.

Windows Manager

Setiap program aplikasi memanggil secara langsung toolkit untuk memanipulasi widget nya sendiri. Tuas windows manager adalah melakukan pengontrolan dan pengkoordinasian menyeluruh, terhadap aktifitas suatu program aplikasi, agar misalnya satu aplikasi tidak menganggu widget dalam window kepunyaan aplikasi lain yang saat itu menggunakan layar tampilan yang sama.

Widget GUI
Diciptakan, dioperasikan dan dihapus (dikeluarkan) oleh software aplikasi melalui toolkit API.
Contoh widget GUI :
a. Box Field
b. Table Field
c. Button
d. Radio Field
e. Toggle Field
f. Bar Field
g. Scrool Bar
h. Slide Bar

Desktop Metapohor

– Metodologi ‘guiding paradigm’ untuk lebih memudahkan user memahami penggunaan GUI
– Metaphor : analogi/kemiripan objek visual pada desktop grafis dengan objek sebenarnya
– Contoh : icon reycle bin dengan gambar tempat sampah, dengan melihat icon tersebut maka asosiasi kita adalah tempat untuk membuang dokumen/file.

Paket Grafik

Gui akan lebih bermanfaat ketika digunakan untuk aplikasi yang bersifat visual. Contoh Graphic package software (software paket grafik).
2 jenis paket grafik
– Painting package (contoh : MS paint, Mac Paint)
Ditujukan untuk memenuhi kebutuhan seniman dan perancang grafik dalam pembuatan desain visual kreatif dan menghasilkan tampilan, bit mapped yang berkualitas baik dalam hitam putih, maupun berwarna.

– Drawing package (contoh : corel draw, Ms Visio)
Cenderung mempunyai orientasi teknis dengan pengontrlan yang ketat atas skala dan dimensi
Cenderung merupakan tampilan yang tersimpan sebagai scalable object.

MULTIMEDIA
Kombinasi dari audio, video, teks, dan tampilan dalam lingkungan komputer interaktif
Untuk memberikan cara yang kreatif dan efektif untuk menghasilkan, menyimpan, dan mengkomunikasikan informasi.

Komponen Multimedia
– Komputer Desktop
– Monitor grafis berwarna beresolusi tinggii
– Sistem audio stereo
– CD – ROM
– Peralatan video recording
– Kamera video
– Printer dan scanner grafik berwarna

Contoh aplikasi multimedia
– Aplikasi training, education, dan entertainment
– Graphical Information System (GIS), mencakup aplikasi yang didasarkan pada peta terdigitisasi
– Virtual reality

Perangkat Input
Untuk menginput tampilan dan suara ke sistem komputer
– Microphone
– Sound Sampler
– Image scanner

Ringkasan

Software GUI diorganisasikan dalam layer yang meliputi komponen seperti window libraries, toolkit, dan window manager
Widget adalah objek grafis dasar yang digunakan untuk mengkonstruksi GUI
Desktop metaphor, dalam kombinasinya dengan WIMP memberikan GUI yang sangat berhasil dan populer
Paket aplikasi seperti word processor bisa sangat berguna dengan memanfaakan GUI, namun GUI khususnya cocok untuk paket painting dan drawing.
Aplikasi multimedia didasarkan pada kombinasi audio, video, teks dan tampilan yang digunakan dalam lingkungan komputer interaktif dan menjangkau dari sistem presentasi sepanjang GUI sampai virtual reality
Perangkat input seperti scanner dan sound sampler mampu mendigitisasi suara dan tampilan

Catatan
GUI mempunyai kelebihan tertentu atas “Character based interface” tradisional, khususnya pada hal-hal berikut :
– Graphical Symbols lebih mudah dikenali dan diingat daripada teks
– Direct Manipulation, misalnya dengan menunjuk dan mengklik pada objek grafis dengan mouse, akan mengurangi waktu pembelajaran pemakai dan memberinya perasaan pengontrolan yang lebih atas HCI

Pengertian User Interface
Antarmuka pemakai(User interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna(user) dengan sistem. Antarmuka pemakai(User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna(user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Contoh konsep luas interface mencakup aspek interaktif sistem operasi komputer, perkakas tangan, operator kontrol mesin berat, dan proses kontrol. Pertimbangan desain yang berlaku saat membuat user interface berkaitan dengan ergonomik dan psikologi.

User interface yang ada untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara :
– Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sistem
– Output, memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek manipulasi pengguna

User Interface ada dua jenis, yaitu :
– Graphical User Interface (GUI) menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna.
– Text-Based : menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah

Keunggulan GUI
1. Mudah dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan komputer cukup minim
2. Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi
3. Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas/keperluan.

Karakteristik GUI

Window : Beberapa window bisa ditampilkan informasi-informasi berbeda sekaligus pada layar
Icon : Mewakili informasi yang berbeda seperti icon untuk file, icon untuk folder atau file untuk program tertentu
Menu : Menawarkan perintah-perintah yang disusun dalam menu tanpa harus mengetik
Pointing : Alat penunjuk sepert mouse untuk memilih pilihan pada layar
Graphic : Gambar yang bisa dicampur dengan teks pada display yang sama untuk menyajikan informasi.

Type Utama Interaksi :
1. Direct manipulation – pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan layar

– Misalnya delete file dengan memasukkan ke trash
– Video Games
– Kelebihan : Waktu belajar sangat singkat, feedback langsung diberikan, pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat
– Kekurangan : Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas, pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek.

2. Menu Selection – Pilihan berbentuk menu : Memilih perintah dari daftar yang disediakan.
– Misalnya saat click kanan dan memiliih aksi yang dikehendaki
– Kelebihan : user tidak perlu ingat nama perintah, pengetikkan, minimal. Kesalahan rendah.
– Kekurangan : Tidak ada logika AND atau OR. perlu ada struktur menu jika banyak pilihan Menu dianggap lambat oleh export user dibanding command language.

3. Form Fill in – pengisian form : mengisi area-area pada form
– Contoh : Stock Control
– Kelebihan : memasukkan data yang sederhana dan mudah dipelajari
– Kekurangan : memerlukan banyak tempat di layar, harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan user.

4. Command Language : Perintah tertulis : menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program.
– Contoh operation system
– Kelebihan : perintah diketikkan langsung pada system. Misal Unix, Dos Command. Bisa diterapkan pada terminal yang mudah. Kombinasi perintah bisa dilakukan, misal copy file dan rename file.
– Kekurangan : perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaanya, tidak cocok untuk user biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi dan perlu ada sistem pemulihan kesalahan serta kemampuan mengetik.

5. Natural Language – perintah dengan bahasa alami : menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil.

– Contoh : Search engine di internet

– Kelebihan : perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat), misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata kata

– Kekurangan : tidak semua sistem cocok gunakan ini, jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikkan.

Bahasa dalam user Interface

Tujuan sebuah user interface adalah mengkomunikasikan, fitur-fitur sistem yang tersedia, agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini, penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat komunikasi tertua, kedua gestur yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya.
Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.