Search for Knowledge
“A mistake is a signal that it is time to learn something new, something you didn’t know before.”

Manajemen Kreatif dan Ekonomi Imajinatif

MANAJEMEN KREATIF

Manajemen kreatif bertujuan untuk mengubah organisasi melalui perubahan cara mereka dijalankan, dengan membuka iklim dan gaya manajemen, meningkatkan partisipasi dan memberikan lebih banyak kebebasan pada karyawan  untuk cara-cara yang akan dicapai, misalnya pengembangan produk baru.

Manajer kreatif  mengelola orang secara efektif dan memiliki pendekatan kreatif untuk masalah organisasi berfokus pada:

         Pemecahan dan kerja sama tim

         Mencapai inovasi dan keunggulan kompetitif

         Memetik manfaat & keuntungan dengan meningkatkan “tingkat” kreativitas dalam organisasi.

Mengelola Kreativitas Individu dan Organisasi Ada tiga kata kunci dari defenisi kreativitas tersebut, yaitu:

1. Kecakapan (ability),

2. Di luar rencana ( out of scheme),

3. Masalah/peluang (problem/opportunity)

KARAKTERISTIK MANAGER KREATIF:

Bersedia untuk menyerap risiko yang diambil oleh bawahannya ==> Merasa nyaman dengan ide-ide yang baru dikembangkan ==> Mampu membuat keputusan yang cepat ==> Mereka adalah pendengar yang baik.

Tidak memikirkan kesalahan masa lalu ==> Menikmati pekerjaan mereka ==> Mengharapkan bawahan untuk berhasil ==> Memanfaatkan kekuatan bawahan

Faktor-Faktor Organisasi yang Mendorong Kreativitas

1. Iklim organisasi

2. Gaya kepemimpinan

3. Sumber daya dan kompetensi

4. Budaya organisasi

5. Struktur dan sistem

 

 

 

 

Ekonomi Imajinatif

Ekonomi imajinatif membahas bagaimana mengelolah ide dan membuat keuntungan (profit). salah satu tugas dari menejemen adalah mengelola bagaimana membuat orang lebih kreatif atau tidak

Prinsip-Prinsip Manajemen Kreativitas

1. Orang kreatif

2. Pekerjaan pemikir

3. Wirausaha kreatif

4. Pekerjaan setelah bekerja

5. Orang yang tepat waktu

6. Perusahhan sementara

7. Kantor jaringan dan kelompok bisnis

8. Kerja tim

9. Keuangan

10. Kontrak dan perjanjian.

 

Kaidah-Kaidah Meraih Sukses

1.Ciptakan Sendiri (Invent Yourself)

2. Masukan Prioritas Pada Ide, Bukan Pada Data (Put The Priority On Ideas, Not On Data)

3. Jadilah Pengembara (Be Nomadic)

4. Tentukan Sendiri dengan Kegiatan Berpikir Anda Sendiri (Define Yourself By Own Thinking Activities)

5. Belajarlah Tanpa Berhenti, Pinjamlah, dan Berinovasilah

6. Gali Popularitas dan Rayakan (Exploit Fame and Celebrity)

7. Perlakukan Khayalan Sebagai Suatu Kenyataan dan Sebaliknya (Treat The Virtual As Real And Vice Versa)

8. Berbaik hatilah (Be Kind) Kebaikan

9. Kagumai Keberhasilan Secara Terbuka (Admire Success, Openly)

10. Berambisilah, dan Berani Pergi (Be Very Ambitious, Boldly Go)