Search for Knowledge
“A mistake is a signal that it is time to learn something new, something you didn’t know before.”

Model Model E-Business

Model – model E- business dapat dikategorikan menjadi Sembilan Model bisnis yaitu :

1.Virtual Storefront

yang menjual produk fisik atau jasa secara online, sedangkan pengirimannya menggunakan sarana – sarana tradisional. seperti jasa posdan kurir.

Contoh:

• Amazon.com

• Virtual vineyards

• Security first

• Network bank

2.Marketplace Concentrator

 yaitu yang memusatkan mengenai informasi produk dan jasa dari beberapa produsen pada satu titik sentral. Pembeli dapat mencari, membanding – bandingkan dan kadangkala juga melakukan transaksi pembelian.

Contoh:

• Internet mall

• DealerNet

• Industrial marketplace

• Insuremarket

3.Information Brokerme

 yaitu menyediakan informasi mengenai produk, harga dan ketersediaannya dan terkadang menyediakan fasilitas transaksi. Namun nilai utamanya adalah informasi yang disediakan.

Contoh:

• Partnet

• Travelocity

• Auto by Tei

4.Transaction Broker

 yaitu pembeli dapat mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian, namun aktifitas bisnis utamanya adalah memfasilitasi transaksi.

Contoh:

• Etrade

• Ameritrade

5.Electronic Clearinghouses 

yaitu menyediakan suasana seperti tempat lelang produk, dimana harga dan ketersediaan selalu berubah tergantung pada reaksi konsumen.

Contoh:

• Bid.com

• Onsile

6.Reverse auction

yaitu konsumen mengajukan tawaran kepada berbagai penjual untuk membeli barang atau jasa dengan harga yang disfesifikasi oleh pembeli.

7.Digital Product Delivery

 yaitu menjual dan mengirim perangkat lunak, multimedia, dan produk digital lainnya lewat internet.

8.Content Provider

yaitu yang memperoleh pendapatan melalui penyediaan kontan, pendapatan dapat dihasilkan dari biaya langganan atau biaya akses.

9.Online Service Provider

 yaitu menyediakan layanan dan dukungan bagi para pemakai perangkat lunak dan perangkat keras

Contoh:

• Telkomnet speedy

• Indosat m2

 

PENGARUH-PENGARUH E-BUSINESS ATAS PROSES BISNIS

Pengaruh-Pengaruh E-Business Atas Proses Bisnis

 

– Pembeli dan Inbound Logistic. Internet dapat meningkatkan aktifitas pembeli dengan cara mempermudah perusahaan mengidentifikasi calon pemasok dan membandingkan harga.

 

– Data mengenai pembelian yang dilakukan sub unit organisasi yang berbeda dapat disentralisasikan, sehingga memungkinkan organisasi untuk menetapkan pembelian total diseluruh dunia atas berbagai produk.

 

– Operasi internal, sumber daya manusia, dan infrastuktur. Teknologi komunikasi tingkat lanjut dapat secara signifikan meningkatkan effisiensi operasi internal. Peningkatan akses ke informasi juga dapat secara signifikan meningkatkan perencanaan. Pada sumber daya manusia, aktifitas ini mendukung untuk effisiensi dan efektifitas dalam aktifitas utama.

 

– Outbound Logistic. Akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rinci tentang pengiriman memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasi melalui cara pengiriman gabungan ke para pelanggan yang dekat lokasinya satu dengan yang lainnya. Informasi yang lebih tepat waktu tentang penjualan dapat membantu pabrik mengoptimalkan jumlah persediaan yang ditanggungnya.

 

– Penjualan dan Pemasaran. Perusahaan dapat menciptakan katalog elektronik di Website mereka untuk mengotomatisasikan input pesanan penjualan. Kemampuan ini tidak hanya memungkinkan para pelanggan menyampaikan pesanan saat mereka menginginkannya, tetapi juga dapat secara signifikan mengurangi jumlah staf dengan cara meniadakan telepon, surat-menyurat atau pengiriman faks.

 

– Pelayanan dan dukungan Purnajual. E-business dapat secara signifikan meningkatkan kualitas dukungan purnajual ke para pelanggan.

 

Faktor-faktor keberhasilan  E-Business

 

Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business.

Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.

Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu :

–          Validitas, Integritas, dan Privasi

 

Jelaskan Infrastructur E-Bussines

adalah salah satu  perangkat keras dan perangkat lunak yang mana gigunakan untuk mengirim suatu e-busseniss layanan kepada kariyawan, pelanggan maupun mitra diaman infrastruktur e-Business sendiri digunakan sebagai suatu penunjang kegiatan.
 
Infrastruktur e-Business terdiri dari 5 layer  yaitu :

a. E-business Services applications.
      Layer pada proses e-business yang merupakan  bentuk strategi bisnes dalam bentuk jaeingan,pemodelan , konsep untuk memberikan pelayanan dan mencapai suatu target menggunakan Aplikasi : contohnya : CRM , SCM.

b.Systems software
     Layer e-business ini merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai pendukung proses e-business dalam mencapai suatu tujuan dari tiap rencaa serta target dari suatu perusahaan  contoh : Web browser,server software, DBMS Transport or Network.

c.Transport or Network 
     Pada layer ini e-business merupakan peralatan melalui sebuah jaringan yang mana mempermudah setiap kegiatan bisnis.contohnya : Physical network

d.Storage/Physical
     Lapisan di mana mencakup penyimpanan data baik yang tersimpan di dalam penyimpanan magnetis di dalam server web ataupun media penyimpanan sementara
Conthnya : RAM

e.Content and Data
    Lapisan yang mencakup isi dari data yang tersimpan seperti data konsumen, data transaksi dan lain sebagainya. Contohnya Web Content dan data Transaksi.

 

 Contoh E-Bussines yang menggunakan Business-to-government (B2G)

Adapun contoh e commerce yang menggunakan konsep B2G ini adalah Mbiz.co.id atau Mbizmarket.co.id, PT Briliant Ecommerce Berjaya (Mbiz) melalui platformnya dapat menghubungkan 350 buyer yang terdiri dari korporasi besar seperti perusahaan FMCG, perbankan, BUMN, dan perusahaan multinasional lainnya dengan lebih dari 5.000 vendor dan supplier yang 85 persen di antaranya merupakan pelaku UMKM.

Dan telah kerjasama dengan pemerintah provinsi Jawa Barat terkait pemanfaatan Mbizmarket.co.id sebagai platform untuk belanja atau pengadaan barang/jasa. Mbiz masuk melalui mekanisme pengadaan langsung, yang artinya nilai pengadaannya di bawah Rp200 juta.