6. Sebutkan manfaat dari perencanaan ?
* Manfaat Perencanaan :
– Dipakai sebagai alat pengawasan dan pengendalian kegiatan sehari-hari perusahaan. Perencanaan yang telah disusun dengan baik akan memudahkan para pelaksana untuk mengetahui apakah tindakan menyimpang atau sesuai dengan rencana.
– Dengan adanya perencanaan yang disusun (tentunya sebelum suatu kegiatan dilakukan) dengan cermat dapatlah dipilih dan ditetapkan kegiatan-kegiatan mana yang diperlukan dan mana yang tidak.
– Dengan adanya rencana segala kegiatan dapat dilakukan secara tertib dan teratur sesuai dengan tahap-tahap yang semestinya.
* Jenis Perencanaan dalam organisasi
a. Perencanaan menurut jangka waktu
– Perencanaan jangka panjang
– Perencanaan jangka pendek
b. Menurut ruang lingkupnya
– Perencanaan fisik
– Perencanaan fungsional
– Perencanaan menyeluruh
c. Melihat tingkat hierarkis, ada 3 jenis perencanaan.
– Perencanaan Strategis
– Perencanaan Taktis
– Perencanaan Operasional
d. Perencanaan dari segi luasnya
– General planning, suatu rencana yang dibuat secara garis besar dan menyeluruh untuk kegiatan kerja sama yang lebih luas. Misalnya Kepala Bidang Kanwil untuk satu tahun pelajaran.
– Special (Concentrated) Planning, suatu rencana mengenai kegiatan khusus, misalnya perencanaan kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengatasi kesulitan belajar dikelas IPA.
7. Sebutkan proses seleksi dan sumber tenaga kerja
Proses seleksi :
– Penyaringan Pendahuluan
– Test-Test Penyeleksian (test kepribadian, test pengetahuan, test kemampuan)
– Wawancara (Pola terstruktur, pola tidak terstruktur, pola campuran, pola pemecah masalah)
– Pemeriksaan Referensi (Personal references, employment references)
– Evaluasi Medis
– Penerimaan
– Evaluasi
Sumber-sumber tenaga kerja meliputi :
Sumber Internal :
Sumber internal adalah karyawan yang akan mengisi lowongan kerja yang lowong diambil dari perusahaan tersebut, yakni dengan cara mutasi atau pemindahan karyawan yang memenuhi spesifikasi pekerjaan jabatan itu.
Kelebihan sumber tenaga Internal :
– Loyalitas dari karyawan yang mengisi lowongan dapat lebih ditingkatkan.
– Kebijakan ini dapat menimbulkan persaingan sehat diantara karyawan karena ada harapan untuk maju dan berkembang.
– Efisiensi dari perusahaan dapat diharapkan menjadi lebih tinggi.
– Waktu penarikan relatif singkat.
Kelemahan sumber tenaga internal :
– Tidak ada ide baru
– Kemungkinan yang terjadi adalah promosi yang diadakan oleh pihak manajemen dilaksanakan secara terpaksa karena karyawan belum siap baik mental ataupun kemampuannya.
Sumber Eksternal :
Sumber eksternal adalah karyawan yang akan mengisi jabatan yang lowong dilakukan penarikan dari sumber-sumber tenaga kerja diluar perusahaan.
a. Menggunakan jasa karyawan lama
b. Melalui lembaga-lembaga pendidikan
c. Lamaran yang masuk secara kebetulan
d. Iklan atau advertasi
e. Kantor penempatan kerja
f. nepotisme
g. Leasing
Kelemahan sumber tenaga eksternal :
– Biaya penarikan besar, karena iklan dan seleksi
– Orientasi dan induksi harus dilakukan
– Labour turn over cenderung meningkat
– Perilaku dan loyalitas belum diketahui
– Waktu penarikan relatif lama
8. Apa yang dimaksud dengan latihan dan pengembangan tenaga kerja
Pelatihan adalah proses yang didesain untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis, atau meningkatkan kinerja pegawai.
Pengembangan adalah proses yang didesain untuk meningkatkan kemampuan konseptual, kemampuan dalam pengambilan keputusan, dan memperluas human relation.
Tujuannya adalah membantu pemecahan masalah operasional, meningkatkan profesionalisme karyawan, memberikan kemampuan yang lebih tinggi dalam melaksanakan tugas dalam bekerja, mengorientasikan setiap individu terhadap organisasi, serta mengurangi waktu belajar seorang individu baru untuk menjadi kompeten dalam pekerjaan dan memutakhirkan keahlian seorang individu sejalan dengan perubahan teknologi. Melatih pelatihan SDM, pelatih(trainer) memastikan bahwa setiap individu dapat secara efektif menggunakan teknologi-teknologi baru.
Manfaatnya adalah mengurangi dan menghilangkan kinerja yang buruk, meningkatkan produktifitas, membentuk sikap loyalitas dan kerjasama yang lebih menguntungkan, memenuhi kebutuhan perencanaan sumber daya manusia, serta mengurangi frekuensi dan biaya kecelakaan kerja, dan membantu karyawan dalam peningkatan dan pengembangan pribadi mereka.
Jenis pelatihan pengembangan SDM diantara lain adalah pelatihan keahlian, pelatihan ulang, pelatihan lintas fungsional, pelatihan tim, dan pelatihan kreatifitas.
9. Apa yang dimaksud dengan marketing mix
Marketing mix adalah salah satu strategi pemasaran yang menggabungkan elemen-elemen dalam marketing mix itu sendiri yang kita jalankan secara terpadu. Sama halnya dengan beberapa teknik-teknik atau strategi yang lain, setiap strategi tentunya tidak dapat berjalan tanpa dukungan dari elemen lain (namun ada juga strategi yang dapat berjalan tanpa dukungan eleme lain).
Pengertian Marketing Mix yang lain menurut pakar ahli marketing dunia bernama Kotler dan Amstrong. Mengatakan bahwa Marketing Mix adalah sekumpulan variabel pemasaran yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan mereka.
Unsur 7P dalam marketing mix :
– Product (produk)
– Price (harga)
– Promotion (promosi)
– Place (tempat)
– Participan (orang)
– Process (proses)
– Physical Evidence (Bukti fisik)
10. Jelaskan klasifikasi dari produk
Klarifikasi produk adalah pembagian produk berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Klarifikasi produk dapat dilakukan berbagai sudut pandang. Produk dapat diklarafikasikan dari 2 kelompok utama, yaitu :
1. Barang
2. Jasa
* Barang
Barang adalah produk berwujud fisik, sehingga bisa dilihat, dipegang, diraba atau disentuh, dirasa, dipindahkan , disimpan, dan perlakuan fisik lainnya. Barang dibedakan menjadi 2 macam, yaitu
– Barang tidak tahan lama (Nondurable Goods)
– Barang tahan lama (Durable Goods)
* Jasa
Jasa adalah sebuah aktivitas, manfaat, atau kepuasan yang ditawarkan sebagai suatu untuk dijual. Seperti bengkel reparasi, hotel, kursus, salon kecantikan, lembaga pendidikan, dan lain sebagainnya.