Search for Knowledge
“A mistake is a signal that it is time to learn something new, something you didn’t know before.”

Penggunaan dan Penerapan New Media pada beberapa situs



Sejarah internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPAyang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

PENGGUNAAN INTERNET

  1. Menambah wawasan dan pengetahuan
  2. Komunikasi Menjadi Lebih Cepat
  3. Mudahnya Belanja di Internet
  4. Internet sebagai Wahana Hiburan
  5. Memudahkan Mencari Lowongan Pekerjaan
  6. Pentingnya Internet dalam Dunia Bisnis

New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. dan terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb.jadi dapat disimpulkan New Media adalah S.

Manfaat dan Kekurangan New Media

New Media memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
  • Sebagai media transaksi jual beli
  • Sebagai media hiburan
  • Sebagai media komunikasi
  • Sarana pendidikan

Namun New Media juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu :

  • Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
  • Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
  • Mudahnya akses situs yang berbau pornografi dan kekerasan.
  • Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring sosial.

Maka, sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti dengan kebijakan dari setiap penggunanya. Bagaimana penggunaan dari user tersebut untuk menggunakan New Media dengan lebih positif lagi.

 

Komponen New Media

Pada new media ada beberapa komponen seperti pembuat, penyalur dan pemakai juga media yang digunakan agar dapat berhubungan dengan new media, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pembuat (Produsen) merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.

Penyalur (Distributor) merupkan sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.

Pemakai (Konsumen) merupakan orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.

 

Aplikasi New Media

New Media dapat di aplikasikan dalam berbagai  hal seperti berikut:

  1. Jejaring Sosial

Dalam bidang jejaring social dapat kita temukan banyak sekali kegunaan atau peran new media contoh peimplementasiannya seperti facebook,twitter dan lain-lain

2. Sarana hiburan

Dalam bidang ini pengimplementasian new media sangat nyata contohnya seperti Youtube,vimeoo yang digunakan untuk melihat,mengupload atau bahkan mendownload sebuah video di internet.

     3.  Sarana Informasi(berita)

Dalam bidang ini new media diimplementasikan sebagai media informasi untuk melihat berita contoh nya detikcom,kompas.com dan lainnya.

      4.  Sarana Jual beli

Dalam bidang ini new media diimplementasikan sebagai media jual beli untuk pembeli dan penjual seperti Berniaga.com,Toko Bagus.com dan lain-lain.

Contoh dan Komponen New Media

Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, buku digital, komputer multimedia, permainan komputer, jejaring sosial, streaming video, video conference, CD-ROMS, DVD, dan lain-lain.

Komponen dari new media yaitu handphone/smartphone, internet, dan komputer. Dengan komponen New Media, kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Youtube, Email, FourSquare, dan lain sebagainya. Kita juga dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan.

Nah Siapa bilang Indonesia tidak punya jejaring sosial buatan sendiri? Bahkan tahukah Anda bahwa ada yang sempat populer? Memang perlu diakui bahwa #media sosial dari negeri lain lebih populer di tanah air ketimbang buatan Indonesia sendiri.

Padahal sebenarnya, bukan Indonesia tidak bisa membuat tetapi memang kita masih jarang memakai jejaring sosial buatan negeri sendiri.

  1. Indoface (indoface.com)

Indoface.com adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia juga yang hampir mirip dengan Facebook dan Twitter dalam hal fitur. Terdapat beragam fitur, mulai dari update status, check-in, upload foto dan ada pula blog, vote dan my voice dan ingin dikembangkan agar bisa melakukan video chat.

Pendirinya adalah Muhammad Fajar Putranto yang sebenarnya bukanlah berlatar belakang IT pada awalnya. Kita tunggu bagaimana sepak terjang IndoFace selanjutnya, semoga bisa berkembang lebih baik lagi.

2. Kwikku (www.kwikku.com)

Kwikku adalah situs jejaring sosial buatan mahasiswa Indonesia jurusan Teknik Informatika di suatu perguruan tinggi negeri di Malang. Situs ini sempat santer tahun lalu karena beragam fitur yang ditawarkan, mulai dari kwikku e-learning yang memfasilitasi kelas online, mall kwikku sebagai marketplace dan juga blogging serta cloud computing.

Tidak ketinggalan fitur dating yang memfasilitasi para jomblo di Indonesia. Tahun 2013 lalu, Kwikku.com memenangkan penghargaan dari Research Expo on Computing 2013.

 

3. MindTalk (mindtalk.com)

MindTalk.com dipelopori oleh Robin Marufi dan juga Danny Oei Wirianto yang awalnya mendirikan situs jejaring sosial Digaku.com tapi kemudian sepakat untuk membangun MindTalk. Situs jejaring sosial dari Indonesia ini berfokus pada saluran minat. Pengguna dapat mengikuti beragam saluran minat, mulai dari fotografi, teknologi, selebriti, kesehatan, fasion, bisnis, pemasaran dan otomotif.

Pengguna dapat berbagi video, foto sampai dengan artikel. Tahukah Anda bahwa MindTalk mempunyai 180.000 pengguna, melebihi dari target pendirinya yakni 100.000 pengguna. MindTalk juga membuka API agar pengembang bisa membuat aplikasi ataupun game untuk MindTalk. Rencananya MindTalk ingin mengekspansi negara-negara lainnya di Asia Tenggara dan India.

4. Sebangsa (sebangsa.com)

Sebangsa.com adalah salah satu media sosial Indonesia yang teranyar! Didirikan pada tahun 2014 sehingga bisa terbilang masih baru. Namun, social media Sebangsa ini punya keunikan yakni KONTEN LOKAL yang terasa ‘Indonesia Banget’. Social media ini bisa dibilang mirip Path dan Twitter dengan fitur linimasa dan bisa juga meng-update status dan foto dan kegiatan lainnya.

Tidak hanya itu, fitur menarik Sebangsa adalah menghubungkan pengguna dengan berbagai layanan publik seperti kepolisian dan pemadam kebakaran. Selain itu, terdapat pula fitur Pesan Panik yang berfungsi mengirimkan pesan kepada 5 orang terdekat apabila dalam keadaan darurat. Fitur Pesan Jaga-jaga yang memungkinkan posisi pengguna bisa diketahui oleh 5 orang terdekatnya dengan mengaktifkan GPS.