Search for Knowledge
“A mistake is a signal that it is time to learn something new, something you didn’t know before.”

Prosedur Pemrosesan Informasi, Pengendalian tujuan, ancaman, dan prosedur serta kebutuhan informasi siklus pendapatan

 Pengendalian : Tujuan, Ancaman, Prosedur



Didalam siklus pendapatan, SIA yang didesain dengan baik harus menyediakan pengendalian yang memadai 

untuk memastikan bahwa tujuan berikut ini bisa dicapai :


1. Semua transaksi telah diotorisasikan dengan benar

2. Semua transaksi yang dicatat valid (benar2 terjadi)
3. Semua transaksi yang valid, dan disahkan, telah dicatat
4. Semua transaksi dicatat dengan akurat
5. Asetdijaga dari kehilangan ataupun pencurian
6. Aktivitas bisnis dilaksanakan secara efisien dan efektif


Ancaman dan pengendalian dalam siklus pendapatan

Kebutuhan Informasi Siklus Pendapatan

1. Data Operasional


Data operasional dibutuhkan untuk mengawasi kinerja dan untuk melakukan tugas-tugas rutin berikut ini :


• Merespons pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesanan 

• Memutuskan apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak 
• Menentukan ketersediaan persediaan 
• Memilih metode untuk mengirim barang 

2. Informasi Sekarang dan Masa Lalu


Informasi yang lampau dan yang saat ini diperlukan agar menajemen dapat membuat keputusan

strategis berikut ini :

• Menentukan harga produk dan jasa 

• Menetapkan kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi 
• Memutuskan jangka waktu kredit yang ditawarkan 
• Menentukan kebutuhan pinjaman jangka pendek 
• Merencanakan kampanye pemasaran yang baru 

3.Penilaian Kinerja


SIA juga harus menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk mengevaluasi kinerja proses yang penting

berikut ini :

• Waktu respons terhadap pertanyaan pelanggan 

• Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirim pesanan 
• Persentase penjualan yang membutuhkan pemesanan ulang 
• Tingkat dan tren kepuasan pelanggan 
• Analisis pangsa pasar dan tren penjualan 
• Analisis profitabilitas berdasarkan produk, pelanggan, dan area penjualan 
• Volume penjualan dalam dolar dan jumlah pelanggan 
• Keefektifan iklan dan promosi 
• Kinerja staf penjualan 
• Pengeluaran piutang ragu-ragu dan kebijakan kredit

 Model Data Siklus Pendapatan