1. Jelaskan type informasi yang diterapkan berdasarkan tingkatan manajemen!
Type Informasi berdasarkan tingkatan manajemen :
* Level Operasional
Membantu manajer operasional dalam memantau kegiatan atau transaksi rutin harian dalam organisasi.
* Level Knowledge (Pengetahuan)
Membantu knowledge dan data worker dalam merancang produk, mendistribusikan informasi dan pembuatan dokumen dalam suatu organisasi.
* Level manajemen
Membantu kegiatan pemantauan, pengawasan, pengambilan keputusan dan kegiatan administrative dari middle manager.
* Level Strategik
Membantu perencanaan kegiatan jangka panjang dari senior manager.
2. Jelaskan perbedaan antara MIS dan DSS!
Perbedaan antara MIS dan DSS :
* DSS
– DSS menawarkan fleksibilitas, adaptabilitas, dan respon yang cepat.
– DSS dapat bekerja dengan hanya mengandalkan sedikit bantuan bahkan tanpa bantuan seorang programmer.
– DSS menyediakan bantuan untuk pengambilan keputusan dan masalah yang jalan keluarnya tidak dapat dispesifikasi.
– DSS menggunakan peralatan dan model analisisi data yang mutakhir
*MIS
– Mendukung pengambilan keputusan yang bersifat terstruktur pada level operasional dan manajemen
– Umumnya MIS berorientasi pada laporan dan pengawasan. MIS didesain untuk membantu membuat laporan kegiatan laporan yang ada serta menyediakan pengawasan harian terhadap kegiatan tersebut.
– MIS bergantung pada data gabungan dan alur data.
– MIS tidak terlalu memiliki kemampuan analisis.
– Umumnya digunakan untuk mengambil keputusan dengan menggunakan data lampau dan kini.
– relatif tidak fleksibel dan lebih memiliki orientasi internal daripada eksternal.
3. Sebutkan dan jelaskan elemen-elemen sistem!
– Tujuan / Goals
Bisa satu atau lebih dari satu pemotivasi yang mengarahkan sistem dengan sistem lain berbeda-beda.
– Masukkan / Input
Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem menjadi bahan untuk diproses pada sistem informasi.
– Keluaran / Output
Hasil dari pemrosesan bisa berguna ( misal : informasi dan produk), tapi bisa juga tidak berguna (misal : limbah).
– Proses
Bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukkan menjadi keluaran yang berguna.
– Mekanisme Pengendalian
Diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback) untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan. Dilakukan dengan membandingkan keluaran sistem dengan keluaran yang diiinginkan.
– Umpan balik / Feedback
Konsep : perpindahan informasi dari satu sub-sistem ke sub-sistem lainnya supaya fungsi tetap berjalan.
– Environment
– Batas (Boundary)
Pemisah antara sistem dan daerah diluar sistem (lingkungan). Menentukan konfigurasi, ruang lingkup, atau kemampuan sistem.
– Interface
4. Gambarkan dan jelaskan arus informasi internal dan external dalam organisasi!
5. Jelaskan peranan manajemen menurut henry mintzberg!
Peranan Manajemen menurut henry mintzberg :
* Peran Interpersonal : peran hubungan personal dapat terdiri dari :
– figur kepala (figur head) : manajer mewakili organisasi untuk kegiatan-kegiatan diluar organisasi.
– Pemimpin (leader) : manajer mengkoordinasi, mengendalikan, memotivasi, dan mendukung bawahan-bawahannya.
– Penghubung (liaison) : manajer menghubungkan personal-personal di semua tingkatan manajemen.
* Peran Informational
– Peran dari manajer sebagai pusat syaraf (nerve center) organisasi untuk menerima informasi yang paling mutakhir dan sebagai penyebar (disseminator) informasi keseluruh personal di organisasi.
– Peran informasi lainnya adalah manajer sebagai juru bicara (spokesman) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang informasi yang dimilikinya.
* Peran Decisional
– Yang dilakukan oleh manajer adalah sebagai entrepeneur, sebagai orang yang menangani gangguan, sebagai orang yang mengalokasikan sumber-sumber daya organisasi, dan sebagai negosiator jika terjadi konflik di dalam organisasi.
6. Jelaskan tahapan pengambilan keputusan menurut simon!
Tahapan Pengambilan Keputusan Menurut Simon :
– Intelligence : Pengumpulan informasi untuk mengidentifikasikan masalah.
– Design : Tahap perancangan solusi dalam bentuk alternatif-alternatif pemecahan masalah.
– Choice : Tahap memilih dari solusi alternatif-alternatif yang disediakan.
– Implementation : Tahap melaksanakan keputusan dan melaporkan hasilnya.
7. Jelaskan apa yang kalian ketahui tentang topologi ring dan topologi star, gambarkan!
* Topologi Ring
Rangkaian jaringan komputer yang berbentuk melingkar seperti cincin. Setiap komputer terhubung ke komputer selanjutnya dalam ring, dan setiap komputer mengirim apa yang diterima dari komputer sebelumnya. Pesan-pesan mengalir melalui ring dalam satu arah. Topologi Ring adalah jaringan yang aktif.
Karakteristik Topologi Ring :
– Node node yang dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dengan bentuk jaringan seperti lingkaran.
– Sangat sederhana dalam layout seperti topologi bus
– Paket-paket data dapat mengalir dalam satu arah (kekiri atau kekanan) sehingga collison dapat dihindarkan.
– Problem yang dihadapi sama dengan topologi bus, yaitu : jika salah satu node rusak maka seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.
– Tipe kabel yang digunakan biasanya kabel utp.
Kelebihan Topologi Ring :
– Aliran data mengalir lebih cepat karena dapat melayani data dari kiri atau dari kanan server.
– Dapat melayani aliran lalu lintas yang padat, karena data dapat bergerak kekiri atau kekanan.
– Waktu untuk mengakses data lebih optimal.
Kelemahan Topologi Ring :
– Penambahan terminal node menjadi sulit jika port habis.
– Jika salah satu terminal mengalami kerusakan, maka semua terminal tidak bisa digunakan.
* Topologi Star
Topologi yang membentuk seperti bintang. Tiap simpul pada masing-masing terminal terhubung ke file server tunggal terpusat, dengan menggunakan segment kabel sendiri. Keunggulan topologi ini adalah didapatkan kinerja yang optimal karena lintas kabel dari terminal ke server yang pendek.
Karakteristik Topologi Star
– Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator
– Bila setiap paket data yang masuk ke consentrator (Hub) kemudian di broadcast ke seluruh node yang terhubung sangat banyak (Misalnya memakai Hub 32 port), maka kinerja jaringan akan semakin turun.
– Sangat mudah dikembangkan, sebab setiap node hanya terhubung secara langsung ke consentrator.
– Jika salah satu ethernet card rusak, atau salah satu kabel pada terminal putus, maka keseluruhan jaringan masih tetap bisa berkomunikasi atau tidak terjadi down pada jaringan keseluruhan tersebut
– Tipe kabel yang digunakan biasanya jenis UTP.
Kelebihan dan Kelemahan Topologi Star
Kelebihan Topologi Star :
– Jika terjadi penambahan atau pengurangan terminal tidak menganggu operasi yang sedang berlangsung.
– Jika salah satu terminal rusak, maka terminal lainnya tidak mengalami gangguan.
– Arus lalu informasi data lebih optimal.
Kelemahan Topologi Star :
– Jumlah lalu lintas terbatas, tergantung dari port yang ada pada hub.
– Lalu lintas data yang padat dapat menyebabkan jaringan bekerja lebih lambat.
8. Jelaskan perbedaan antara feedback positif dan feedback negatif!
* Feedback Positif
Sistem yang dilaksanakan berulang-ulang sehingga didapat bentuk standar yang diinginkan.
* Negative Feedback
Mencari kelemahan atau mengurangi penyimpangan pada bentuk standar.
Negative feedback melibatkan 4 unsur, yakni :
– Ciri / Karakteristik atau kondisi yang harus dikendalikan (harus dapat diukur dari beberapa output).
– Sensor untuk mengukur ciri / kondisi.
– Unit pengendali yang membandingkan pengukuran dengan suatu standar bagi ciri / kondisi tersebut.
– Sebuah penggerak yang menjalankan suatu isyarat input korektif pada pengolahan.
9. Sebutkan Type Kegiatan Manajemen!
Kegiatan manajemen dihubungkan dengan tingkatannya didalam organisasi dibagi menjadi 3 bagian:
– Perencanaa Strategic
– Pengendalian Manajemen
– Pengendalian Operasi
10. Proses Pengendalian Manajemen terdiri dari apa saja ?
– Pembuatan program kerja
– Penyusunan anggaran
– Pelaksanaan dan
– Pengukuran
– Pelaporan dan
– Analisis
11.Sebutkan type pengambilan keputusan!
Type pengambilan keputusan :
– Keputusan terprogram/terstruktur
– Keputusan setengah terprogram/setengah terstruktur
– Keputusan tidak terprogram/tidak terstruktur
12. Sistem informasi menyediakan 3 macam type informasi, apa saja ?
– Informasi pengumpulan data (scorekeeping information)
– Informasi pengarahan perhatian (Attention directing information)
– Informasi pemecah masalah (Problem Solving Information)
13. Apa yang dimaksud dengan sumber daya 4M+1I?
– Manusia
– Material
– Mesin
– Modal
– Informasi
14. Siapakah pemakai informasi ?
Pemakai Informasi :
* Internal
– Staff Operasi
– Manajemen (Manajer) di semua tingkatan
* Eksternal (diluar organisasi)
– Pelanggan
– Pemegang saham
– Pemasok
– Mitra kerja
– Dinas pajak
– dll
15. Ciri-Ciri Informasi menurut Davis?
– Benar atau salah
– Baru
– Tambahan
– Korektif
– Penegas
16. Kualitas informasi sering diukur berdasarkan ?
– Relevansi
– Ketepatan Waktu
– Akurasi
17. Informasi yang dibutuhkan manajer, menurut Alter?
– Informasi penyejuk
– Peringatan (warning)
– Indikator kunci
– Informasi situasional
– Gosip
– Informasi Eksternal
18. Jenis Komunikasi Data?
Ada 2 Jenis Komunikasi Data :
– Melalui Infrastruktur
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya.
– Melalui Satelit
Menggunakan satelit sebagai aksesnya.
19. Sebutkan Model Dasar Komunikasi !
Model Dasar Komunikasi :
– Source : menghasilkan data yang akan ditransmisikan
– Transmitter : mengubah data menjadi sinyal transmisi
– Transmission system : membawa data
– Receiver : merubah sinyal yang diterima menjadi data
– Destination : menerima data yang akan datang
20. Jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan komputer, dan sebutkan manfaatnya!
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terpisah-pisah yang saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya.
Manfaat jaringan komputer :
– Resource sharing
– Reliabilitas tinggi
– Lebih ekonomis
– Media komunikasi
21. Sebutkan macam-macam jaringan komputer !
Macam-macam jaringan komputer :
– Local Area Network (LAN)
– Metropolitan Area Network (MAN)
– Wide Area Network (WAN)
22. Sebutkan elemen-elemen kunci untuk sebuah protocol !
Elemen-elemen kunci untuk sebuah protocol :
– Syntax : meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan format data dan level-level sinyal.
– Semantics : Meliputi informasi kontrol untuk koordinasi dan pengendalian kesalahan.
– Timing : Meliputi kesesuaian urutan dan kecepatan.
23. Sebutkan jenis jenis topologi !
– Topologi Bus
– Topologi Star
– Topologi Ring
– Topologi Mesh
– Topologi Extended Star
24. Sebutkan fasilitas jaringan komputer !
– NIC (Network Interface Card)
– Hub atau concentrator
– Bridge (jembatan)
– Switch
– Router
25. Komponen pembangun SIM
* Hardware
Digunakan untuk melaksanakan kegiatan input -> Proses -> Output.
* Software
Program komputer yang dijalankan pada hardware
– Systems Appliation
– Application Software
* Database
Software aplikasi khusus yang dibangun untuk mengorganisasikan data dan informasi pada proses operasi suatu organisasi.
* Infrastructure
Peralatan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat keras yang terpisah, seperti :
– Peralatan telekomunikasi
– Jaringan (Network)
– Internet
* People (user)
Prosedur : Aturan untuk mengembangkan dan menggunakan sistem informasi.
26. Model SIM
Abstraksi dari kenyataan. semua model didasarkan pada asumsi. Seperti kondisi pasar dan legal restriction. Asumsi harus bersifat konsisten.
– Model Naratif, seperti : gambaran verbal dari karakteristik model , tujuan, sumber daya, feature
– Model fisik, seperti : prototype, contoh (tiruan)
– Model Skematik, seperti : graph dan flowcharts, Data Flow Diagram (DFD), dan Entity Relationship Diagram (ERD)
– Model Matematik, seperti : persamaan dan relasi.
27. Sumber Daya Organisasi!
– Sumber Daya Fisik (Physical Resources) seperti ruang, gedung, tanah
– Sumber Daya Manusia (Human Resources)
– Sumber Daya Uang (Financial Resources)
28. Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol :
– Planning
– Organizing
– Staffing
– Coordinating
– Directing
– Controlling
29. Level level manajemen
– Manajemen Puncak (Top Level Manajemen)
– Manejemen Menengah (Middle Level Manajemen)
– Manajemen Bawah (Lower Level Manajemen)
30. Metode yang digunakan pada hubungan Lateral!
Metode yang digunakan :
– Kontak langsung antar manajer
– Peranan gabungan
– Gugus Tugas
– Regu
– Memadukan petugas
– Organisasi Matriks
31. Type Sistem Informasi
– Executive Support Systems (ESS) : Level Strategis
– Management Information Systems (MIS) & Decision Support Systems (DSS) : Level Manejemen
– Knowledge Workstation (KWS) & Office Automatic Systems (OAS) : Level Knowledge
– Transaction Process Systems (TPS) : Level Operasional
32. EVOLUSI CBIS!
– Fokus Awal pada data
– Fokus baru pada informasi
– Fokus revisi pada pendukung keputusan
– Fokus sekarang pada komunikasi
– Fokus Potensial pada konsultasi
33. Klasifikasi Sistem Informasi berdasarkan fungsi organisasi
– Sistem Informasi Akuntansi
– Sistem Informasi Manufaktur
– Sistem Informasi Pemasaran dan penjualan
– Sistem Informasi Sumber daya manusia.