Spiritual selling adalah menjual produk atau jasa dengan menempatkan diri didalam pikiran pelanggan, memiliki kemampuan dan komitmen, mampu merebut hati pelanggan serta masuk ke dalam jiwa(spirit) pelanggan dengan ketulusan hati dan menciptakan kepercayaan.
Penggunaan IQ(Kecerdasaan Intelektual) umumnya menonjolkan :
- Fitur-fitur produk
- Keunggulan Produk
- Manfaat-manfaat
Hendaknya berusaha untuk :
- Menemukan kebutuhan pelanggan
- Memilihkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan
- Memilih strategi presentasi yang tepat
- Memberikan layanan
Penggunaan EQ(Kecerdasan Emosi) perlu memerhatikan hal-hal berikut :
- Kesadaraan : Kebersamaan, Ulet, Pemikir, Pendorong
- Pengendalian : Perasaan, Situasi Penuh Tekanan, Lingkungan Kerja
- Pemulihan : Motivasi
- Emphaty : Motif dan Perasaan
- Bekerja sama : Negoisasi
Prinsip Penggunaan SQ(Kecerdasan Spiritual) :
- Ketulusan Hati atau Kejujuran: Bertindak. Kepercayaan, Berkata benar, Berani membela kebenaran, Menepati Janji
- Rasa Tanggung Jawab : Menerima tanggung jawab secara pribadi, Mengakui kesalahan dan Kegagalan, Menerima tanggung jawab untuk melayani orang lain.
- Rasa mengasihi dan pemaaf
- Emosi : Kesadaran diri, Memahami pikiran, Efektifitas pribadi, Pengendalian diri, Memelihara kesehatan emosi, Efektifitas antarpribadi, Empati, Menghargai orang lain
Visi adalah gambaran ideal yang akan dicapai oleh seseorang.
Misi adalah suatu tindakan untuk mencapai sebuah visi
Nilai nilai adalah sesuatu yang dianggap penting dan benar bagi pelanggan
Definisi Kreativitas
Kreativitas adalah kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya inovatif, berguna dan dapat dimengerti.
Kreativitas sebagai suatu proses gagasan dicetuskan, dikembangkan dan diubah menjadi nilai.
Kreativitas adalah perkembangan dan kemajuan.
Penjual kreatif harus memiliki hal berikut :
- Mau menanggung resiko
- Bersikap tenang
- Mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat
- Menjadi pendengar yang baik
- Tidak menyesali kesalahan yang berlebihan
- Mencintai pekerjaan
Kebahagiaan menurut Malkani, akan lebih cepat terwujud apabila seorang individu :
- Menjadi lebih sabar
- Menjadi orang pertama yang mengasihi
- Menjadi pendengar yang baik
- Tidak harus melakukan apa-apa
- Hindari individu yang lebih mengecewakan
- Menjadi sadar akan suasana hati
- Bersantai
- Mendengarkan perasaan
- Belajar mencintai
10 Menyadari kuasa pikiran
Seorang pelanggan bahagia apabila penjual melakukan :
- Memahami keinginan pelanggan
- Memenuhi kebutuhan pelanggan secara pribadi
- Menciptakan kepercayaan kepada pelanggan
- Fokus kepada pelanggan
- Mendengarkan pelanggan secara efektif
- Memberikan solusi kepada pelanggan
- Membina hubungan dengan pelanggan
- Menggunakan gaya komunikasi sederhana
Yang dibutuhkan pelanggan :
- Pelanggan membutuhkan cinta
- Cinta berarti lebih dari sangat mencintai
- Cinta adalah tentang menaggapi, kelembutan dan intuisi
- Mencintai seseorang akan memberikan pengalaman yang berbeda
- Cinta membutuhkan waktu
- Cintailah pelanggan dengan hati yang tulus dan ikhlas
Pelanggan Perempuan membutuhkan pengertian, penghormatan, kesetiaan, pembenaran, dan jaminan
Pelanggan laki-laki membutuhkan kepercayaan, penghargaan, kekaguman, dirinya diterima, kekaguman, pengakuan dan motivasi.
Berpikir Positif :
- Menerima kehidupan yang telah diberikan oleh Tuha
- Semua itu tidak ada yang abadi
- Hidup adalah rangkaian peristiwa
- Selalu ada peluang
- Pikirkan yang baik-baik saja
- Tuhan selalu bermaksud baik
- Selalu Optimis
- Ucapkan syukur setiap saat
Jenis Kecerdasan :
Kecerdasan Intelektual : berpikir terbuka, mengikuti setiap perkembangan baru, bekerja keras, dapat diandalkan, berpikir logis.
Kecerdasan emosional : dapat mengontrol diri sendiri, hormat pada orang lain, memiliki selera humor, pecinta seni, selalu siap bila dibutuhkan
Kecerdasan Spiritual : Kreatif, Suka menolong, bijaksana, cinta akan keindahan, memperhatikan keluarga
Sifat Positif : Sifat ingin tahu, konsisten, ramah terhadap orang lain, berpenampilan modis, menyukai kedamaian.