Multiplatform adalah Sifat universal dari pemrograman java bisa digunakan pada sistem operasi windows, linux, bahkan bisa digunakan pada platform smartphone berbasis android.
Kelebihan Java
1. Mudah untuk dikembangkan
2. Sifatnya Multiplatform
3. Memiliki Kemudahan dalam menyusun suatu script
4. Berorientasi objek
5. Berorientasi usablity
6. Dinamis
Kekurangan Java
1. Penggunaan Memory yang cukup tinggi
2. Mudah didekompilasi
Robuts(kuat) pada java
Java dimaksudkan untuk membuat suatu program yang benar-benar dipercaya dalam berbagai hal. Java banyak menekankan pada :
a. Pengecekan awal untuk kemungkinan terjadinya masalah
b. Pengecekan pada saat runtime
c. Mengurangi kemungkinan timbulnya kesalahan (error)
Perbedaan utama antara java dan c++ adalah java memiliki sebuha model pointer yang mengurangi kemungkinan penimpaan (overwriting) pada memory dan kerusakan data (data corrupt).
Java adalah Bahasa yang robust :
Rancangan java dibuat sedemikian rupa sehingga mengurangi kemungkinan menjadi beku(freeze) ketika dijalankan. Kemungkinan untuk error pun diminimalkan, misalnya dengan menerapkan strong typed sehingga program bisa terhindar dari kesalahan karena data yang keliru. Java juga menerapkan model memori yang dapat mencegah memory corrupt dan overwrited, misalnya dengan membuang pemakaian pointer.
Package
Package adalah sarana/cara pengelompokkan dan pengorganisasian kelas-kelas dan interface yang sekelompok menjadi suatu unit tunggal dalam library.
Coding adalah menerjemahkan persyaratan logika dari pseudecode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemrograman baik huruf, angka , dan simbol untuk membentuk program.
Source code/kode sumber adalah suatu rangkaian pernyataan atau deklarasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman komputer yang terbaca manusia.
Syarat-syarat pemberian nama pada package :
1. Diawali huruf kecil
2. Menggambarkan kelas-kelas yang dibungkusnya
3. Harus unik (berbeda dengan nama package standard)
4. Merepresentasikan path dari package tersebut.
5. Harus sama dengan nama direktorynya.
Mobile Device (perangkat bergerak) yaitu perangkat yang bisa dibawa kemana-mana.
Macam-macam mobile device :
– Notebook PC
– Ultra-Mobile PC
– Handheld PC
– PDA
– Graphic Calculator
– Pocket Computer
Mobile Komputer
– Laptop
– Wearable Computer (Computer Gletser Ridgeline W200)
– PDA (Personal Digital Assistant)
– Smartphone
Pengertian Activity, web service, broadcast receiver dan content provider
– Activity
Activity merupakan sebuah class yang menghandle sebuah halaman user interface pada aplikasi android.
– Web Service
Web service adalah aplikasi berbasis web yang menggunakan sistem terbuka, berbasis XML standar dan transport protocols untuk pertukaran data dengan klien.
– Broadcast receiver
Broadcast reveiver adalah sebuah komponen android yang berfungsi untuk melakukan broadcast pesan dari aplikasi lain atau dari sistem itu sendiri.
– Content Provider
Content provider adalah mekanisme android untuk mengakses data yang dimiliki aplikasi lain.
Kelebihan Symbian
– Dirancang khusus untuk OS ponsel, tidak seperti windows dan linux
– Symbian menyediakan User Interface(UI) framework yang fleksibel, sehingga para vendor bisa memvariasikan produk-produknya.
– Small dan kaya fiture dan Long Batery Live
– Bersifat open application environment yang memungkinkan ponsel menjadi sebuah platform bagi pengembangan berbagai aplikasi dan layanan (bahasa dan konten)
– Symbian sangat terbuka sehingga siapapun bisa mengembangkannya berkat fitur C++, Java(J2ME) MIDP 2.0, Personal Java 1.1, dan WAP.
Pengertian Alert
Alert merupakan sebuah kotak peringatan yang dapat ditampilkan menggunakan /melalui javascript alert()function.
Pengertian Intent
Intent adalah sebuah kelas dalam programming android yang berfungsi untuk perpindahan halaman.
SMS Komposer adalah komponen yang menyediakan suatu mekanisme dan user interface untuk mengirim pesan singkat menggunakan short message service.
Midlet adalah aplikasi yang dibuat menggunakan java 2 micro edition (J2ME) dengan profil mobile information device profile (MIDP).
Form adalah komponen turunan screen yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung (container) bagi komponen lain.
TextBox adalah turunan screen yang memungkinkan user memasukkan atau mengedit teks.
List adalah user interface yang menyediakan fasilitas untuk melakukan pemilihan terhadap suatu daftar.